Translate

Monday, March 16, 2015

Ciqal Sosialisasikan Isu Kekerasan Seksual kepada Tuli Yogyakarta



Solider.or.id, Yogyakarta- Center for Improving Qualified Activity in Life of People with Disabilitity (CIQAL) adakan diskusi komunitas kepada Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) Yogyakarta pada Sabtu, 14 Maret 2015 di SLB N 1 Bantul, Yogyakarta. Diskusi ini berlangsung sejak pukul 09.00 – 12.00 dan dihadiri oleh 40 orang peserta.
“Pertemuan ini merupakan bentuk sosialisasi dari CIQAL mengenai isu kekerasan seksual terhadap perempuan disabilitas. Banyak kekerasan seksual terjadi dengan korban perempuan disabilitas namun tidak terselesaikan masalahnya. Bisa karena si korban takut mengungkapkan kepada orang lain, bisa juga karena keluarga dan lingkungannya yang kurang mendukung,” kata Nuning selaku Direktur CIQAL.
Nuning menambahkan dalam sambutannya, jika teman-teman tuli Gerkatin memiliki pengalaman kekerasan dari pacar, guru, atau lingkungannya, jangan hanya diam menyembunyikan, tapi harus berani untuk menolak dan mengatakan tidak. Jika sudah terjadi kekerasan dan malu bercerita kepada orang tua, katakan kepada teman atau sahabat sehingga bisa membantu mencari solusi.
Materi yang disampaikan pembicara dapat dipahami oleh peserta yang datang karena bantuan dari juru bahasa isyarat. Terlebih saat pembicara memutar video pembelajaran, peserta menjadi semakin paham bagaimana cara untuk mencegah adanya tidak kekerasan. Terdapat 16 pertanyaan yang diajukan oleh peserta kepada pembicara, sehingga meskipun acara sudah ditutup, masih ada peserta yang tetap berada di ruangan dan menanyakan jawaban atas pertanyaannya.
Peserta tuli memberi masukan kepada penyelanggara acara agar menggunakan alat peraga seperti boneka agar lebih mudah dipahami oleh difabel tuli. Mereka juga berharap sosialisasi seperti ini tidak berhenti namun terus dilakukan terutama untuk anak usia sekolah. (Ramadhany Rahmi)

No comments:

Post a Comment