Translate

Thursday, May 7, 2015

LRBI Seleksi 10 Calon Peserta Pelatihan Pengajaran Bahasa Isyarat



Laboratorium Riset Bahasa Isyarat (LRBI) dibawah naungan Departemen Linguistik Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia mengadakan seleksi wawancara kepada sepuluh orang peserta guna mengikuti pelatihan pengajaran bahasa isyarat dan pelatihan dasar pembuatan kamus di Balai Kelurahan Siwalankerto, Surabaya (19/4) lalu.
“Seleksi yang sama sudah dilakukan sebelumnya di Semarang minggu lalu. Calon peserta yang terpilih akan mengikuti pelatihan pengajaran bahasa isyarat dan pelatihan dasar pembuatan kamus di Jakarta selama 2 bulan, pada bulan Juni dan Juli”, jelas Adhi Kusumo Bharoto dalam bahasa isyarat selaku perwakilan dari LRBI.
Adhi berharap akan lebih banyak lagi tuli yang memperjuangkan bahasa isyarat, meskipun belum ada calon peserta dari Bandung yang mendaftar. Pelatihan serupa sudah pernah dilakukan pada tahun 2014 di Universitas Indonesia dan telah menghasilkan kamus bahasa isyarat Yogyakarta dan kamus pendamping edisi pertama.
Kegiatan ini dihadiri oleh 19 orang yang tergabung dalam organisasi Gerkatin (Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia) Surabaya. Dalam organisasi ini mayoritas anggotanya menggunakan oral atau membaca gerak bibir dalam berkomunikasi, bahasa isyarat tidak banyak digunakan.
“Kedatangan LRBI sangat membuat kami senang karena kami baru memahami kalau bahasa isyarat itu bagus dan kita nyaman memakainya. Kami berharap di lain kesempatan LRBI bisa datang lagi ke Surabaya untuk mengajari kami bahasa isyarat”, ungkap Yuyun selaku ketua DPD Gerkatin Jawa Timur.

No comments:

Post a Comment