Translate

Tuesday, February 3, 2015

Saujana Siapkan Kolom Bahasa Isyarat untuk Newsletter Februari 2015

Setelah melalui proses focus group discussion (FGD) yang diadakan pada 26 Oktober 2014 di Hotel Ros-In Yogyakarta, Saujana sebagai salah satu lembaga swadaya masyarakat mencoba memberikan akses informasi sesuai dengan hasil rekomendasi. Salah satu rekomendasi yang muncul di FGD tersebut adalah memberikan layanan bahasa isyarat di setiap video. Selain bertujuan untuk memberikan akses informasi untuk difabel tuli, adanya kolom bahasa isyarat ini bertujuan untuk mempromosikan bahasa isyarat kepada masyarakat.
"Sebelum membuat video ini, kami sudah datang ke Malang. Di sana kami diskusi tentang bahasa isyarat sama komunitas Akar Tuli. Nah, dari diskusi itu akhirnya kami memutuskan untuk membubuhkan kolom Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO). Selain buat promosi bahasa isyarat, kami juga mencoba memberikan akses untuk teman-teman tuli", ujar Sinta Triyani selaku Project Officer di Saujana.
Sinta menambahkan, setiap video Newsletter Saujana rencananya akan ada kolom bahasa isyarat. Newsletter tersebut berisikan tulisan dan video. Jenis video yang diterbitkan bisa berupa video blog atau video dokumenter. Video dokumenter dibedakan menjadi video inspirasi/motivasi dan video tutorial.
Jum'at, 29 Januari 2015, Solider berhasil meliput proses pengambilan video bahasa isyarat untuk video blog yang menjadi tema Newsletter Februari 2015. Pengambilan video bahasa isyarat tersebut berlokasi di kantor Saujana, Jalan Sidikan Gg. Wijaya Kusuma 82A, Yogyakarta. Pada kesempatan itu, Sinta menjelaskan bahwa tema tulisan Newsletter Februari 2015 adalah mengangkat tentang kisah penyandang difabel di tengah keluarga. Cara Sauajana menyebarkan Newsletter bulanan adalah dengan mempubilkasikannya di website Saujana dan mengirimkan melalui surel.

No comments:

Post a Comment