Translate

Tuesday, July 17, 2018

Lestarikan Budaya Lokal dengan Angkringan Rumah Baca

Keragaman budaya menjadikan suatu daerah memiliki ciri khas. Madiun adalah salah satu kota yang ada di Jawa Timur yang memiliki banyak keragaman budaya bahkan termasuk budaya pendidikan. Masyarakat Mejayan Kabupaten Madiun kini memiliki tempat nongkrong. Tidak hanya sekedar nongkrong akan tetapi bisa saling asah, asuh dan asih diantara masyarakat. Tempat nongkrong ini merupakan tempat untuk berinteraksi antar masyarakat, Angrumba namanya.

Angrumba yakni angkringan rumah baca yang berlokasi di Kecamatan Caruban Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Angkringan ini memang disengaja didesain sebagai tempat yang tidak hanya sekedar untuk kopi tetapi untuk mencari inspirasi. Angrumba merupakan salahsatu bidang garap Lembaga Riset dan Pemberdayaan Masyarakat untuk transformasi sosial. Perwujudan tempat belajar dengan kemasan angkringan ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa ada potensi lokal dan sumber daya alam yang luar biasa hasil industri dan makanan khas yang telah terkenal.

Tidak hanya itu, keragaman di Madiun juga perlu dilestarikan. Disisi lain masyarakat Madiun tidak mampu mengelola sendiri sehingga lebih memilih ke luar daerah namun ketika sukses tidak kembali lagi ke Madiun.

“Saya sendiri dulu adalah masyarakat Madiun, sewaktu muda ada semacam mitos di kalangan anak muda, metu le soko Madiun lek kepengen dadi wong, nek ora metu soko Madiun koe ra dadi wong, keluar nak jika ingin menjadi orang tapi ketika keluar tidak balik (ke Madiun)”, jelas Setiya Adi Purwanta difabel netra asal Madiun yang juga penggagas Angrumba.

Setia Adi menambahkan, “Maka kita keluar. Untuk belajar atau untuk bekerja. Tapi setelah keluar, kita tidak kembali (ke Madiun). Itu yang terjadi sampai sekarang. Nah karena mitos tadi, kini Madiun kosong dengn putra-putra terbaiknya”.

Angrumba hadir dengan tujuan untuk memberikan ruang kepada masyarakat agar dapat melihat potensi alam, sosial, dan budaya lokal. Dikutip dari BBS TV Madiun melalui channel youtube, Umbaran Joko Nugroho sebagai ketua Angrumba menjelaskan tujuan didirikannya Angrumba, “Angrumba ini didirikan untuk memberikan peluang terhadap generasi muda untuk bisa berkumpul, berpikir kreatif untuk menampung keinginan dan tantangan di wilayah Kabupaten Madiun untuk menyatukan potensi dan menjembatani cari jalan keluar. Jadi disini berkumpul, berdiskusi, saling asah, asih dan asuh.” (http://youtu.be/d4_G44uFh44).

Angrumba yang didesain sebagai tempat nongkrong bagi masyarakat sekitar menyediakan makanan dan minuman tradisional Madiun, selain itu juga ada wifi gratis dan buku-buku bacaan yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Disamping untuk nongkrong dengan santai, masyarakat dapat pula melakukan tugas mandiri maupun kelompok, berdiskusi, seminar, workshop, pementasan, dan lain sebagainya.

No comments:

Post a Comment